Senin, 24 Agustus 2009

MENGENAL GIGI KITA

 Gigi yang kelihatan rapi di dalam rongga mulut kita dikenal sebagai mahkota gigi, ada bagian dari gigi kita yang tak terlihat karena tertanam dalam tulang alveolar yang menempel pada rahang, dikenal sebagai akar gigi, sedangkan perbatasan antara mahkota dan akar gigi disebut leher gigi. Gigi dan tulang rahang kita dilapisi oleh jaringan lunak yang terbentuk sesuai dengan lekuk gigi, kita mengenalnya sebagai gusi, pada keadaan sehat berwarna merah muda.
 Gigi kita terdiri atas lapisan-lapisan. Bagian terluar yaitu email merupakan lapisan yang paling keras, yang berfungsi melindungi gigi. Di sebelah dalamnya terdapat dentin, keras tetapi tidak sekeras dentin. Di bagian paling dalam terdapat rongga yang berisi saraf, pembuluh darah dan pembuluh limfe. Rongga yang terletak pada mahkota gigi dikenal dengan kamar pulpa, dan rongga yang terdapat sepanjang akar gigi disebut saluran akar, yang pada ujungnya terdapat lubang disebut foramen apikal.
Fungsi gigi sebagai alat pengunyah akan berjalan dengan baik jika jaringan pendukung I sekitarnya juga sehat, yaitu meliputi:
1. Tulang alveolar, tempat akar gigi tertanam
2. Selaput periodontal, yaitu selaput yang mengikat gigi dengan tulang alveolar
3. Sementum, lapisan keras yang melapisi akar gigi
4. Gusi, yaitu jaringan lunak yang menutupi tulang alveolar dan bagian leher gigi.

Ada beberapa bentuk gigi sesuai dengan fungsinya

1. Gigi seri (gigi insisivus) berbentuk seperti pahat terletak di bagian depan lengkung rahang berjumlah 4 buah pada setiap rahang. Gigi ini berfungsi untuk memotong makanan.
2. Gigi taring (gigi caninus) berbentuk seperti mata tombak, terletak disetiap sudut bibir, berjumlah 2 buah pada setiap rahangnya. Gigi ini berfungsi untuk memotong makanan yang keras.
3. Gigi geraham kecil (gigi premolar), berbentuk seperti mata tombak di bagian luar, namun memiliki dataranseperti gigi geraham, terletak di belakang gigi taring, berjumlah 4 buah pada setiap rahangnya. Fungsi gigi ini merupakan kombinasi dari gigi taring untuk memotong makanan yang keras dan juga menghancurkan makanan seperti pada gigi geraham. Gigi geraham kecil hanya dijumpai pada masa gigi permanen, tidak pada gigi susu. Gigi geraham kecil tumbuh menggantikan gigi geraham susu anak-anak.
4. Gigi geraham (gigi molar), gigi ini berbentuk petak dan memiliki dataran kunyah, terletak di bagian belakang dari lengkung rahang. Gigi geraham berfungsi untuk menghancurkan makanan. Pada anak anak-anak berjumlah berjumlah 4 buah gigi geraham pada setiap rahang, sendagkan ada gigi permanen berjumlah 6 pada setiap rahang. Gigi geraham permanen tidak menggantikan gigi geraham susu.

Formulasi gigi susu
m(2) c(1) i(2) | i(2) c(1) m(2)
gigi susu berjumlah 20 buah, terdiri 10 buah pada rahang atas dan 10 buah pada rahang bawah. Pada setiap sisi rahang terdiri atas 2 gigi seri, 1 gigi taring dan2 gigi geraham. 

Formulasi gigi permanen
M(3) P(2) C(1) I(2) | I(2) C(1) P(2) M(3) 
Gigi permanen berjumlah 32 buah. 16 buah pada masing-masing rahang. Pada setiap sisi rahang terdapat 2 gigi seri, 1 gigi taring, 2 gigi geraham kecil dan 3 gigi geraham